| 3 comments ]

Ada seorang usahawan yang bertemu dengan seorang nelayan yang sedang santai duduk di pingggir pantai dan terlihat menikmati suasana saat itu.

"Mengapa engkau tidak pergi untuk menankap ikan?" tanya usahawan itu.

"Karena ikan yang kutangkap telah menghasilkan banyak uang untuk makan hari ini" jawab nelayan dengan polosnya.

"Kenapa engkau tidak menangkap ikan lagi lebih banyak dari pada yang kau perlukan" tanya sang usahawan.

"Untuk apa?" tanya nelayan sederhana itu.

"Engkau akan mendapat uang lebih banyak lagi" jawabnya, "Dengan uang itu engkau dapat membeli jala yang lebih besar sehingga tangkapanmu lebih banyak lagi, terus engkau mendapatkan uang lebih banyak sehingga bisa membeli perahu motor. Dan dengan perahu motor engkau akan melaut lebih jauh dan akan mendapatkan ikan yang lebih banyak lagi. Nah segerah uangmu akan cukup untuk membeli dua buah kapal, lalu engkau akan kaya seperti saya"

"Selajutnya apa mesti saya perbuat?" tanya si nelayan.

"Selanjutnya kau bisa beristirahat dan menikmati hidup" kata si pengusaha.

"Menurutmu sekarang ini aku sedang berbuat apa?"kata si nelayan.

Makna yang bisa dipetik dari cerita diatas adalah kita dapat menikmati hidup kapan pun dan di manapun. Tidak perlu harus menjadi kaya raya ataupun harus mencapai target yang bisa membatasi kita untuk menikmati yang namanya hidup. Mungkin ini yang dimaksud dengan bersyukur, berapapun yang didapat akan terasa nikmat selama kita bisa mensykururinya. Hidup itu indah, anugrah yang sangat luar biasa, terlalu sempit kalau dimaknai dengan syarat mempunyai tabungan yang selangit baru bisa dinikmati. Selamat menikmati hidup anda dan tetap bersyukur.

Suber cerita : Buku "Happiness Inside"

3 comments

BRI Jakarta Veteran said... @ January 5, 2012 at 4:17 PM

inspiratif sahabat, memang hanya dengan selalu bersyukur kita dapat menikmati hidup.

Mang Lembu said... @ January 6, 2012 at 4:43 AM

kebetulan hari ini baru dapet musibah, dengan banyak menarik nafas dan tetap mensyukuri serta meyakinkan pada diri sendiri dan keluarga bahwa musibah ini sudah dikehendaki dan diatur oleh Allah SWT untuk kita hadapi bersama-sama...HASILnya kami jadi lebih tenang dan nyantey menghadapinya, jangan lupa membandingkan musibah kita dengan musibah orang lain yang lebih dahsyat, agar selalu dapat nyaman menghadapi..(panjang toh komentarnya)hehehe

cara menyembuhkan penyakit herpes said... @ March 1, 2013 at 12:47 AM

nice post.,.,. salam kenal

Post a Comment